Select your Top Menu from wp menus
Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Pertanian Batam Tolak Kucing Hutan Masuk Batam

Batam – Kucing hutan (Felis bengalensis) merupakan salah satu hewan yang di lindungi. Berdasarkan Pasal 21 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990, masyarakat dilarang membunuh, memperjualbelikan dan menyimpannya. Untuk itu, petugas Karantina Pertanian Batam menolak seekor kucing hutan yang dibawa oleh salah seorang penumpang kapal di Sekupang, Minggu (23/2). Kucing itu dibawa dari Dumai.

Kepala Karantina Pertanian Batam, Ir. Joni Anwar MMA menyampaikan penolakan masuknya kucing hutan itu ke Batam juga mengingat adanya Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 240/Kpts/PD650/4/2015 tanggal 7 April 2015 tentang pernyataan Provinsi Kepri sebagai Daerah Bebas Rabies.

Provinsi kepulauan riau, secara historis dinyatakan bebas rabies sejak jaman Belanda. Hal ini telah dinyatakan dalam ordonansi tentang Ketentuan Baru mengenai pencegahan dan pemberantasan penyakit anjing gila (rabies) di Hindia Belanda.

“Selain kucing hutan ini di lindungi, juga Kepri secara historis bebas rabies. Sehingga setiap pemasukan HPR (Hewan Penular Rabies) ke Batam ditolak pemasukannya,” katanya.

Joni menambahkan bahwa kucing itu dikembalikan dan diserahkan lansung oleh Petugas Karantina Batam ke BKSDA Dumai. Serah terima disaksikan oleh petugas setempat. Orang yang membawa hewan tersebut sudah di BAP dan dilakukan pembinaan. Ia harus membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Hal ini adalah salah satu tindakan persuasif untuk masyarakat agar tertib aturan saat melalulintas komoditi hewan dan tumbuhan.

Jadi sobatQ, yuk kita selalu lapor karantina pertanian setiap melalulintaskan komoditi pertanian dan taati aturannya agar perjalanan anda nyaman dan aman.

#KarantinaPertanianBatam
#LaporKarantinašŸ•šŸŽ
https://www.instagram.com/p/B8-6ur6jr-p/ā€¦

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *