Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Batam Sertifikasi Ekspor Kelapa Tujuan Cina

ekspor kelapa 1

Batam – Sobat Q tahu ga sih, bahwa hasil perkebunan negara kita masih menjadi andalan dan primadona ekspor lho. Salah satu komoditas yang saat ini memiliki pasar dan potensi yang besar adalah kelapa. Mengutip data dari International Trade Center (ITC), bahwa dalam peta perdagangan (Trademap) dunia sejak tahun 2012, Indonesia merupakan eksportir kelapa terbesar kedua setelah Filipina dalam wujud minyak kelapa dan kelapa dikeringkan. Sementara untuk kelapa di dalam kulit (endocarp), Indonesia merupakan eksportir terbesar dunia dengan kontribusi mencapai 59% dari total ekspor kelapa. Kerenkan?

Dalam rangka, mendukung akselerasi ekspor di bidang pertanian, Karantina Batam melaksanakan sertifikasi terhadap kelapa sebanyak 68 Ton yang akan di ekspor menuju Cina, pada Jumat (1/3).

Sobat Q, terlihat di bibir pantai jembatan 2 barelang Batam, para pekerja menyusun tumpukan buah kelapa yang dipilih dan dimasukan ke dalam kontainer ukuran 20 feet sebanyak 4 koitaner. Perlahan namun pasti setiap butir kelapa disusun rapi masuk ke dalam kontainer tersebut.

ekspor kelapa 2

“Kelapa ini banyak didatangkan dari Tembilahan dan Jambi,” kata Shendy, selaku pengurus dokumen ekspor di perusahaan ini.

Tampak di sudut kapal berisi kelapa yang akan dipindahkan ke dalam kontainer, petugas Karantina Batam dengan cekatan melakukan pemeriksaan fisik terhadap komoditas tersebut.
Petugas Karantina Batam, Dika Wanandi dan Yose Rizal, melakukan tindakan karantina terhadap kelapa, dengan nilai ekonomis Rp. 134.441.440,-.

Setelah proses pemeriksaan karantina selesai baik administrasi maupun fisik, petugas karantina tumbuhan akan menerbitkan sertifikat karantina berupa Phytosanitary Certificate (PC).

“Kita pastikan bebas penyakit serta jumlah dan jenis komoditas yang akan diekspor sesuai. Jika oke, baru Phytosanitary diterbitkan,” terang Dika.

Jadi sobat Q, selalu lapor karantina yuk, setiap melalulintaskan komoditi pertanian baik hewan, tumbuhan serta turunannya. Agar perjalanan aman, hati senang, pikiran pun jadi tenang.

Kalaulah kasih jangan disimpan
ungkapi dia lewat rasa.
Komitmen Karantina digarda depan
untuk Indonesia maju sepanjang masa.

#KarantinaBatam
#LaporKarantina 🥥🐤

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *