Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Hidroponik Karantina Batam, Solusi Hobi Berkebun di Lahan Terbatas

Hidroponik Karantina Batam, Solusi Hobi Berkebun di Lahan Terbatas

Batam – SobatQ, ada yang tahu apakah itu hidroponik? Hidroponik adalah seni budidaya pertanian dengan media air tanpa menggunakan tanah sehingga kebutuhan nutrisi dan unsur haranya terpenuhi dengan media air tersebut. Metode hidroponik membutuhkan air yang lebih sedikit dibandingkan budidaya dengan metode media tanah. Kelebihan dari hidroponik ini, dapat dibuat di lahan yang sempit sehingga hobi berkebun SobatQ masih dapat tersalurkan.

Karantina Batam memanfaatkan program OPAL ini dengan menanam beraneka sayuran secara hidroponik yang sudah berjalan satu bulan ini. Kegiatan ini dilakukan untuk berperan serta dalam obor pangan lestari (OPAL) 2019. OPAL merupakan program kerja Badan Karantina Pertanian dengan tujuan untuk memanfaatan lahan perkantoran sebagai penyedia pangan dan sekaligus sebagai percontohan bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.

Sayuran yang ditanam secara hidroponik oleh Karantina Batam diantaranya kangkung, sawi, kailan dan selada dengan lahan yang hanya berukuran 4 x 5 meter saja. Sampai saat ini, tanaman hidroponik tersebut tumbuh sehat dan diperkirakan dalam waktu 6 minggu sudah bisa dipanen.

hyroponik 2

“Banyak manfaat yang diperoleh dari program OPAL ini. Selain membuat lingkungan kantor menjadi segar dan asri, pegawai dapat mempraktikkan langsung menanam hidroponik dan bisa dijadikan sebagai hobi yang bernilai ekonomis,” tutur Suryo Irianto selaku Kepala Karantina Batam.

“Diharapkan program OPAL ini akan berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan sayuran segar yang bebas dari insektisida,” imbuhnya.

SobatQ tidak memiliki lahan luas tapi hobi berkebun? Hidroponik solusinya. Tapi jika ingin melalulintaskan hasil panen hidroponik baik melalui bandara, pelabuhan, kantor pos dan pos lintas batas negara, jangan lupa lapor karantina ya…

#KarantinaBatam
#LaporKarantina🍎🐕

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *