Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Bawa Cabai, Pesawat Hercules TNI AU Lapor Karantina

Bawa Cabai, Pesawat Hercules TNI AU Lapor Karantina

Batam – Sebuah pesawat C-130 Hercules A 1335, mendarat di bandara hang Nadim Batam. Pesawat tersebut mengangkut 450 kemasan kotak yang berisi 13.500 kg cabai dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada jum’at (1/2).

Sobat Q, tau ga sih apa itu pesawat C-130 Hercules?? Jadi gini ya, pesawat C-130 Hercules merupakan pesawat milik TNI AU, berjenis pesawat angkut berat. Pesawat ini memiliki perawakan kokoh dan “berbadan besar”. Pesawat ini mendukung operasi dalam hal angkut personel dan logistik untuk kepentingan operasi militer dan operasi kemanusiaan di seluruh wilayah NKRI bahkan internasional. Keren kan.

Dengan adanya informasi kedatangan pesawat tersebut, drh. Suryo Irianto Putro, MM,MH, selaku kepala Karantina Batam menugaskan petugas Karantina Batam untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan karantina. Hal itu, untuk memastikan bahwa cabai tersebut tidak membawa agen penyakit. Drh. Romauli MH, selaku kasie. Pengawasan dan Penindakan Karantina Batam ikut mendampingi petugas karantina tumbuhan dalam melakukan pemeriksaan karantina.

Tepat pukul 10.40, pesawat mendarat. Kemudian, petugas Karantina Batam melakukan pemeriksaan fisik dan kelengkapan dokumen karantina. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Komoditas tersebut dinyatakan sehat, sehingga Karantina Batam menerbitkan sertifikat karantina pelepasan.

“Ini bagian dari sosialisasi dan koordinasi kita dengan Instansi lain, ternyata bapak-bapak TNI welcome koq, kita jaga itu,” tegas drh. Suryo.

Jadi sobat Q, jangan takut untuk lapor Karantina ketika melalulintaskan komoditas hewan, tumbuhan dan turunannya ya. Masa kalah sama “Hercules”, yang kuat gagah perkasa namun taat karantina lho.

Kebaikan yang tinggi,
Akan membawa akhir yang baik.
Karantina selalu bersinergi,
Untuk NKRI yang makin baik.

#KarantinaBatam
#LaporKarantina 🌶🐄

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *