Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Tokek Asal Malaysia Ditolak Petugas Karantina Batam

Tokek Asal Malaysia Ditolak Petugas Karantina Batam

Batam – Sobat Q, Karantina Batam wilayah kerja (wilker) Pelabuhan Internasional Batam Center melakukan penolakan terhadap 75 ekor tokek tanpa dokumen karantina. Komoditas yang ditolak tersebut kembali ke asalnya menggunakan Kapal Ferry Dumai Express II tujuan Pelabuhan Situlang Malaysia jam 14.45 wib, kamis (13/12).

Mengacu pada Undang-Undang Karantina Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, pasal 5 disebutkan setiap komoditas pertanian yang Sobat Q bawa masuk ke wilayah Indonesia, wajib hukumnya dilengkapi dengan surat Karantina dari negara asal serta dilaporkan kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina. Sialnya, tokek tersebut tidak dilengkapi dengan surat Karantina dari negara Malaysia.

Modusnya terbilang unik, hewan tersebut dimasukan ke kotak-kotak bulat berukuran kecil dan ditutupi kain gelap pada setiap kotaknya, lalu disatukan ke dalam sebuah koper. Saat melewati media x-ray, di dalam koper teramati seperti hewan kecil menyerupai cicak berukuran cukup besar. Setelah dibuka oleh petugas karantina, didapati tokek dalam jumlah yang cukup banyak.

Setelah dilakukan penahanan, pemilik mengaku baru pertama kali mencoba membawa hewan masuk ke Indonesia dan tidak memiliki dokumen yang dipersyaratkan karantina. Sehingga dilakukan penolakan dan dikembalikan ke negara asal. Hal ini dilakukan untuk melindungi hewan dan pertanian di Indonesia dari kemungkinan resiko terbawanya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dari Malaysia ke Indonesia, yang mungkin terbawa oleh hewan tersebut. Ngeri kan??

Tindakan penolakan dipimpin oleh Yulia H.P, selaku dokter hewan karantina dan disaksikan oleh Yose Rizal selaku polisi khusus (polsus) Karantina Batam. Hewan tersebut dikawal petugas karantina batam sampai naik ke atas kapal dan kapal meninggalkan Pelabuhan Internasional Batam Center. Jadi SobatQ yuk lapor karantina agar perjalanan lancar.

Jernihlah pikir masuki nirwana ,

Biarkan sabar jadikan penenang.

SobatQ yuk selalu urus karantina,

Agar hati senang pikiran pun jadi tenang.

#KarantinaBatam

#LaporKarantinašŸ•šŸŽ

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *