Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Ketangguhan Petugas Karantina Batam Saat Beraksi di Laboratorium

Ketangguhan Petugas Karantina Batam Saat Beraksi di Laboratorium

Batam – SobatQ, tahu nggak sih bahwa tugas karantina itu tidak melulu soal jaga di pelabuhan atau di bandara lho, ada yang unik dan mungkin asik dari tugas karantina yaitu pemeriksaan laboratorium. Nah loh..

Pemeriksaan laboratorium merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Karantina Pertanian. Dengan adanya hasil pemeriksaan laboratorium, akan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan, dapat atau tidak dapatnya suatu komoditas pertanian untuk dimasukan atau dilalulintaskan di wilayah Indonesia. Keren kan?

Seperti yang dilakukan Lia Herawati, petugas Karantina Batam yang sedang melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap brokoli yang berasal dari Tiongkok dengan target pengujian Pieris rapae L.(Lepidoptera), Senin (11/12) kemarin.

Pieris rapae L (Lepidoptera) adalah jenis kupu-kupu dari keluarga Pieridae. Serangga ini, sewaktu masa larvanya akan memakan tumbuhan seperti brokoli dan sangat merugikan secara ekonomis yaitu merusak hasil panen pertanian. Serangga ini tersebar dari Eropa sampai ke Asia, tetapi masih belum ada di Indonesia (Organisme Penggangu Tumbuhan Karantina Kategori A1) sehingga perlu dicegah agar tidak masuk. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, brokoli ini bebas dari Pieris rapae L (Lepidoptera) sehingga dapat masuk ke Indonesia.

Jadi sobat Q, Yuk kita selalu lapor karantina setiap melalulintaskan komoditas pertanian agar negara kita terbebas dari penyakit hewan dan tumbuhan.

Berguru ke luar negeri
Jangan lupa ke negeri China
Bersama kita jaga negeri
Dengan cara lapor karantina

#LaporKarantina🍎🐕
#KarantinaBatam

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *