Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Rangkul Pengusaha Beras Untuk Patuh Karantina

Karantina Rangkul Pengusaha Beras Untuk Patuh Karantina

Batam (9/2) – Kasie Karantina Tumbuhan-Karantina Batam, Novie Irnandari S. SI sampaikan aturan perkarantinaan kepada 12 pengusaha beras di pulau Batam.

“Lapor dan periksakan komoditas yang akan masuk dan keluar pulau, agar terjamin kesehatan dan keamanannya” jelasnya.

Hal ini disampaikan Novie saat memenuhi undangan Asosiasi Beras Batam, pada hari Jumat (9/2) di Batam.

Batam merupakan daerah yang terkenal dengan kota Industri dan merupakan sebuah pulau yang sangat strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Dikarenakan kota Batam bukan daerah penghasil pertanian, sehingga mayoritas komoditi pertanian didatangkan dari wilayah lain, tidak terkecuali komoditas beras.

Pada jumat (9/2), Ketua Asosiasi Beras Batam Heri Nurdin mengundang Karantina Pertanian Batam dalam rangka berkomunikasi mengenai prosedur pelaporan beras domestik. Acara tersebut berawal dari pertemuan sebelumnya, dengan salah satu pengusaha beras di Batam saat patroli Wasdak Karantina Batam.

Acara ini dihadiri sekitar 12 pengusaha beras lokal, dalam kesempatan tersebut Novie melakukan sosialisasi terkait perkarantinaan dan prosedur lalulintas komoditi pertanian khususnya beras domestik. Acara ini dihadiri juga oleh Wasdak Karantina Batam, drh. Romauli Simatupang dan petugas PPNS dan POLSUS Karantina Batam.

Kegiatan berjalan santai dengan komunikasi dua arah, diadakan di sebuah caffe di daerah Nagoya Batam. Ini merupakan kesempatan jitu bagi Karantina untuk mensosialisasikan kembali peraturan Karantina antar area serta menertibkan pelaporan. Diharapkan dengan kegiatan ini, peran Karantina Pertanian untuk mencegah masuk dan tersebarnya OPTK di daerah perbatasan dapat lebih maksimal dan optimal.

“Mereka sangat antusias serta mendukung untuk lapor karantina khususnya beras lokal yang masuk ke Batam. Hal tersebut terlihat dari permintaan mereka kepada karantina utk selanjutnya dapat bertemu dg agen/PPJK yang selama ini mengurus beras mereka” jelas Novie lebih lanjut.

Ketika Dilan ungkapkan bait batas angan,
menggugah sukma terdalam para hawa.
Karantina Batam siap kawal lalulintas pangan,
untuk Indonesia semakin maju berwibawa.

#KarantinaBatam
#LaporKarantina 🐕 🍎

About The Author

Related posts