Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Seminar Lokal Hasil Pemantauan OPT/OPTK Tahun 2016

1

Batam – Pemantauan OPT/OPTK adalah kegiatan rutin tahunan sesuai dengan tupoksi Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam. Bertempat di ruang rapat lantai II Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Batam Kepala Balai, drh. Suryo Irianto Putro, MM., MH. membuka acara seminar lokal hasil pemantauan Organisme Pengganggu Tumbuhan/ Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPT/OPTK) tahun 2016 . Acara Kamis pagi dihadiri oleh seluruh pejabat fungsional POPT BKP Batam, instansi terkait Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam dan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan Tani Berkah) Batam.
Dalam kegiatan ini dijelaskan bahwa pelaksanaan pemantauan dimulai pada Bulan Maret s/d Bulan Agustus 2016. Pemantauan kali ini melibatkan gabungan kelompok tani di Kelurahan Tembesi, Barelang dan Sei Temiang, dengan lokasi pemantauan di Pulau Batam, Rempang dan Galang serta Pulau Natuna. dengan target pemantauan yaitu Cendawan Peronosclerospora spp. pada jagung, Papaya Ringspot Virus (PRSV) pada pepaya, Bean Golden Mosaic Begomovirus pada Cabai, tungau Aceria guerreronis pada kelapa, dan lalat buah Bactrocera occipitalis, serta bakteri Burkholderia glumae pada padi sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian No. 129/KR.010/L/1/2016 tentang Arahan Pemantauan OPT/OPTK 2016. Hasil pemantauan tahun ini, berhasil ditemukan OPTK di Kelurahan Tembesi, Barelang, dan Dusun Sei Temiang, selanjutnya laporan hasil pemantauan akan disampaikan ke Badan Karantina Pertanian dalam seminar nasional.
Dengan penyelenggaraan seminar lokal hasil pemantauan ini diharapkan penyampaian jenis – jenis OPTK dan ciri – ciri gejala yang disebabkan oleh OPTK pada tanaman dapat disosialisasikan kepada petani. Di samping itu, informasi mengenai OPTK memudahkan petugas instansi terkait untuk membantu melaksanakan pemantauan di lapangan setiap saat. Dalam acara diskusi banyak masukan dari instansi terkait, masukkan tersebut dapat dijadikan sebagai evaluasi pelaksanan pemantauan tahun ini untuk perbaikan pelaksanaan pemantauan tahun depan. (humas karantina tumbuhan).

About The Author

Related posts