Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Batam Melakukan Pemeriksaan Laboratorium

Karantina Batam Melakukan Pemeriksaan Laboratorium

Batam -Virus Avian Influenza (AI) atau lebih dikenal dengan Flu Burung dapat menyerang baik unggas dan unggas bahkan bersifat zoonosis, yaitu dapat menular kepada manusia.  Baik HPAI (highly pathogenic avian influenza) maupun LPAI (low pathogenicity avian influenza) termasuk kedalam Hama dan Penyakit Karantina (HPHK). Peran BKP Batam dalam pencegahan keluar masuk dan menyebarnya HPHK di wilayah indonesia, salahsatunya dengan melakukan pemeriksaan laboratoium.

drh adiningrum

Uji lab yang dilakukan terhadap unggas yang akan dilalulintaskan dilakukan oleh laboratorium Karantina Hewan BKP Batam. Pengujian dilakukan terhadap sampel yang telah diambil oleh petugas karantina yaitu berupa swab trakea atau kloaka dari sampel unggas yang akan dilalulintaskan. Pengujian dilakukan dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) terhadap ada tidaknya virus AI. Hasil pengujian laboratorium tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan sertifikat kesehatan. (drh. Adi N. /humas BKP Batam)

About The Author

Related posts