Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Batam batasi impor buah

kepalabarantan

Batam – Pemerintah Kota Batam tetap membatasi impor, meskipun Kementerian Pertanian membuka keran impor buah khusus untuk Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, dan Karimun.

“Tentunya tidak semua buah bisa diimpor,” kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Jumat.

Pembatasan impor buah untuk melindungi petani lokal yang mulai tumbuh di kota industri.

Wali Kota mengatakan impor buah diprioritaskan untuk sayur dan buah yang tidak dihasilkan di dalam negeri.

“Hanya buah yang dihasilkan di dataran tinggi yang diimpor, seperti paprika dan anggur,” kata dia.

Mengenai kuota buah, ia mengatakan masih dalam pembahasan Dewan KPBPB Batam, Bintan dan Karimun.

Di Jakarta, Menteri Pertanian Suswono mengatakan pemerintah mengizinkan pemasukan buah-buahan, sayuran, serta sayuran umbi lapis hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di kawasan perdagangan bebas seperti di Batam, Bintan, dan Karimun.

“Nantinya, akan ada pengawasan yang lebih ketat dalam pemasukan bagi buah-buahan, sayuran, serta sayuran umbi lapis segar di beberapa wilayah tersebut,” kata Mentan.

Kementerian Pertanian menyatakan akan menunda penerapan dua Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) yakni nomor 89 dan 90 tahun 2011, yang seharusnya mulai diterapkan pada 19 Maret menjadi 19 Juni 2012.

“Terkait dengan dua Permentan nomor 89/2011 dan 90/2011 yang seharusnya akan diterapkan mulai tanggal 19 Maret 2012 mendatang, akan ditunda selama tiga bulan,” kata Suswono di Jakarta, Selasa.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 89/Permentan/OT.140/12/2011 tersebut tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pertanian Nomor 37/Kpts/HK.060/1/2006 tentang Persyaratan Teknis dan Tindakan Karantina Tumbuhan untuk Pemasukan Buah-buahan dan/atau Sayuran Buah Segar ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Sementara untuk Peraturan Menteri Pertanian Nomor 90/Permentan/OT.140/12/2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18/Permentan/OT.140/2/2008 tentang Persyaratan dan Tindakan Karantina Tumbuhan untuk Pemasukan Hasil Tumbuhan Hidup Berupa Sayuran Umbi Lapis Segar ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Suswono mengatakan, dengan penundaan itu maka kedua Permentan tersebut akan mulai diberlakukan mulai 19 Juni 2012 mendatang.

sumber : http://www.antaranews.com/berita/300559/batam-batasi-impor-buah

About The Author

Related posts